5 Usaha untuk Para Mahasiswa dengan Modal Ramah di Kantong di Masa Pandemic

Assalamualaikum readers…

Gimana kabarnya hari ini? Semoga semuanya sehat selalu ya.

Khususnya buat para mahasiswa, gimana kuliah onlinenya? Bosan ga? Bosan ya pasti hehe

Di masa pandemic saat ini, banyak dari saudara kita yang ikut terdampak. Dari segi Kesehatan maupun ekonomi, semuanya serba sulit sekarang. Apalagi buat para mahasiswa yang lagi ngerantau. Terjebak dalam situasi dan kondisi, kebutuhan banyak, pengeluaran selalu berjalan padahal kuliahnya online. Jadi ikut pusing mikirinya, mau bayar uang kost, uang makan, uang transport,uang kuliah, atau uang kebutuhan lainnya. Mau pulang ke rumah orang tua, tapi tidak bisa karena situasi pandemic saat ini tidak memungkinkan.

Karena kebutuhan dan pengeluaran yang terus harus dipenuhi, tidak jarang banyak dari mahasiswa yang mencari peluang usaha, untuk setidaknya menambah uang jajan ataupun membantu menutupi biaya pengeluaran lainnya. Mungkin masih banyak dari teman – teman mahasiswa yang bingung, kira – kira usaha apa yang dapat membantu.

Modal dalam usaha itu sangat penting, banyak juga dari mahasiswa yang masih ragu – ragu membuka usaha karena memikirkan modal untuk usaha. Tidak usah khawatir teman – teman, modal usaha itu tidak selamanya harus yang langsung banyak. Kita bisa memulai dengan modal yang sedikit demi sedikit, membuka usaha – usaha yang kecil, asal ada kemauan.

Nah, berikut adalah 5 usaha yang bisa kamu coba untuk awal dari perjalanan usahamu. Tentunya dengan modal yang masih ringan dikantong :

1. Masker
Masker ini maksudnya bukan masker wajah ya teman – teman, melainkan masker Kesehatan dengan bahan dasar kain.
Kamu bisa memulai dengan membuat masker dengan dijahit sendiri dirumah ataupun kostmu. Mengingat kita sedang di masa pandemic saat ini, masker itu menjadi salah satu bagian terpenting untuk menjaga kesehatan semua orang. Tidak heran, masker sekarang susah didapatkan karena semua orang membutuhkannya. Jika kamu memulai usahamu dengan menjual masker, bisa saja orang – orang tertarik membelinya dan itu bisa membantu meningkatkan profitmu. Apalagi untuk membuat masker, kamu tidak perlu mengeluarkan modal yang terlalu besar, karena biaya alat dan bahannya masih sangat ramah dan mudah didapatkan.

2. Hand Sanitizer
Masih dalam situasi yang sama, selain masker, hand sanitizer juga menjadi salah satu yang terpenting di masa pandemic sekarang, Walaupun hand sanitizer tidak 100 % menghilangkan kuman seperti air, tetapi setidaknya hand sanitizer bisa menjadi cadangan kamu Ketika sedang berpergian jauh dan tidak ada air. Kamu bisa mencoba membuat hand sanitizer berupa gel maupun spray, untuk membuatnya pun kamu tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak. Kamu bisa memulai dari bahan – bahan sederhana, contohnya alcohol, gel lidah buaya, minyak esensial, seperti miyak pohon teh atau minyak lavender, atau bisa juga menggunakan jus lemon. Kunci untuk membuat hand sanitizer yang efektif adalah tetap menggunakan proporsi alcohol 2 dibanding 1 untuk lidah buaya. Untuk lebih jelasnya kamu bisa menonton video tutorial membuat hand sanitizer yang baik di internet.

3. Reseller online shop
Untuk usaha yang ketiga ini, kamu bisa menjoba join menjadi reseller online shop. Kamu bisa menjoba jualan hijab, pakaian, ataupun pernak Pernik lainnya. Mengingat dimasa sekarang, semua serba online. Tidak heran banyak orang membeli kebutuhan dengan online, karena takut dengan situasi dan kondisi diluar sana. Walaupun usaha ini bukan sepenuhnya milik kamu, tapi kamu bisa mencobanya untuk perjalanan awal kamu di dunia bisnis. Siapa tau, kedepannya kamu bisa membuka usahamu sendiri dan sukses dari pengalamanmu ini.

4. Desser box
Usaha yang satu ini, mungkin kelihatannya membutukan modal yang banyak, tapi ketahuilah teman – teman untuk membuat dessert box, kamu tidak selamanya membutuhkan bahan – bahan yang mahal.
Kualitas memang penting, tapi untuk kamu yang ingin memulai dari kecil, kamu bisa memulai dengan bahan – bahan yang sederhana, murah, mudah didapatkan dan yang paling penting sehat. Kamu bisa memcoba membuat ala – ala seperti bittersweet by najla tapi dengan versi yang lebih ramah dikantong pelanggan. Menurut saya pribadi, usaha desser box ini adalah usaha yang paling menguntungkan diantara 4 usaha lainnya. Dengan modal 20K kamu sudah bisa membuat 3 sampai 4 box dengan harga jual per box 10, 15, bahkan 20K. Dan tentunya akan sangat menguntungkan kamu dan pelanggan, pelanggan akan merasa puas dengan dessert boxmu karena dengan harga jual yang kamu tawarkan sudah bisa mendapat 1 desser box yang memuaskan. Untuk cara membuatnya kamu bisa langsang menonton video tutorial membuat desser box yang ramah dikantong di internet.

5. Bisnis Kursus Private
Bisnis yang satu ini kamu tidak perlu membutuhkan modal. Manfaat kan ilmu pengetahuanmu untuk menjadi pengajar private, selain kamu mendapatkan keuntungan profit, tentunya ilmumu juga kana sangat bermanfaat bagi banyak orang. Biasanya para orang tua mencari guru private untuk anak mereka. Ini bisa menjadi salah satu ladang usahamu.

Nah teman – teman, kamu bisa mencoba mulai membuka salah satu dari 5 ide usaha tersebut. Kamu bisa memulai dari yang paling sederhana, yang setidaknya dapat membantu perekomomianmu di masa pandemic saat.
Selamat mencoba dan sukses.

Penulis: Siti Hadawia
(Salah satu mahasiswi jurusan akuntansi)
Universitas Muhammadiyah Malang

Pos terkait