Cik Ujang Mendukung Keamanan Berkendara dengan E-TLE

wartabianglala.com, Lahat – Penerapan ETLE saat ini sudah berlaku dalam berlalu lintas dan seringnya sosialisasi kepada masyarakat sebagai himbauan. Launching Electronic Traficc Law Enforcement (ETLE) Nasional tahap pertama atau yang sering dikenal dengan Tilang Electronik. Dimana sistem kerjanya melalui kamera ETLE akan menangkap gambar kendaraan yang melanggar arus lalu lintas, kemudian kamera dengan otomatis mendeteksi jenis kendaraan.

Kapolres Lahat AKBP Eko Sumaryanto SIK, yang di dampingi oleh Team ETLE Dir Lantas Polda Sumsel, Kasat Lantas Polres Lahat AKP Muriyanto SH, mengecek langsung tiang pemancang kamera sistem ETLE di simpang lampu merah kantor Kejaksaan Negeri Lahat, jalan Kolonel Burlian, Bandar Jaya, Lahat.

Menurut Kapolres bahwa saat ini masih beberapa Polda yang menerapkan sistem penerapan tilang elektronik, dengan tujuan Agar masyarakat baik di Lahat yang akan berkendara ke luar daerah, mulai mengetahui adanya penerapan tilang elektronik ini bertahap. Sementara dalam arahan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, mengatakan kegiatan ini adalah salah satu program Kapolri dan langsung peluncuran Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

‚ÄúDengan adanya ETLE atau tilang elektronik ini, anggota polantas lebih fokus menjalankan tugas mengatur lalu lintas, serta mengurangi interaksi anggota dengan masyarakat yang dapat menimbulkan potensi penyalahgunaan kewenangan, bukan penghapusan tilang di jalan,” paparnya. Selasa (14/06/2022).

Polres Lahat telah mengajukan 2 (dua) titik sistem tilang ETLE yang berada di simpang Kantor Kejaksaan dan di simpang Stasiun Lahat, namun baru terealisasi 1 (satu) titik di simpang Kejaksaan Negeri Lahat yang akan di launching oleh Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs.Toni Harmanto MH secara virtual pada tanggal 1 Juli 2022 serentak dengan 17 kabupaten kota di Sumsel lainnya.

Bupati lahat Cik Ujang SH, sangat merespon dan mendukung program Dirlantas Polri melalui Dirlantas Polda Sumsel, dan berterima kasih Lahat masuk didalamnya meskipun baru 1 titik. “sedangkan untuk 1 titik lagi Pemkab Lahat akan membantu anggaranya agar segera terlaksana,” kata Cik Ujang.

(Amrita RH Terang)

Pos terkait