Pengajian Perempuan Pagarsari Adakan Pelatihan Mengurus Jenazah

wartabianglala.com, Lahat – Kegiatan perempuan-perempuan Desa Pagarsari, Kecamatan Kota Lahat di akhir pekan diisi dengan hal yang bermanfaat, seperti melakukan kegiatan di Masjid Nurul Iman, Sabtu (11/6/2022) dengan belajar cara mengurus Jenazah yang mendapat bimbingan dari Hj Makmurti selaku Ketua BKMT Kecamatan Kota Lahat. Meskipun kegiatan pengajian rutin dilakukan setiap Sabtu, tapi Hj Makmurti mengisi di Masjid Nurul Iman rutin sebulan sekali, demikian dijelaskan oleh Ketua TP PKK Pagarsari Sutarti Mauludin.

“Sebulan sekali ada tausiyah dari Hj Makmurti dan sekaligus kita bersama belajar banyak hal di masjid ini atau ada yang memang ingin ditanyakan oleh ibu pengajian,” jelas Sutarti.

Menurut Ketua Pengajian Ibu-ibu Desa Pagarsari, Lili mengungkapkan bahwa setiap Sabtu memang mereka tidak hanya melakukan pengajian saja, tapi belajar Agama Islam bersama.

“Saling memberikan masukan dan juga mengundang tamu yang bisa mengajarkan mereka tambahan tentang Islam. Seperti dipilih tema tentang tahap dari memandikan jenazah, mengkafani, hingga mensholatkan jenazah, kali ini,” ungkap Lili.

Dalam penjelasan Hj Makmurti yang panjang lebar dan disertai praktek langsung langkah-langkah mengurus jenazah, mulai menyiapkan kain kafan, prosesi memandikan, sholawat dan doa yang harus dibacakan.

“Ada rukun yang harus dilaksanakan, ada hal yang wajib ada yang tidak. Jadi setiap langkah harus disertai sholawat, latihan akan membuat kita di lapangan saat pengerjaan makin mengerti,” paparnya.

Yang ikut dalam kegiatan belajar mengurus jenazah ini diikuti sekitar 40 orang ibu yang ada di Pagarsari.

(Amrita RH Terang)

Pos terkait