Hari Ke-1 dan 2 Layanan Kunjungan Virtual di Lapas Lahat Saat Lebaran

Suasana layanan kunjungan di lapas lahat saat lebaran

Edisi Lebaran di Lapas Lahat

wartabianglala.com – Suasana sukacita sangat dirasakan oleh keluarga, Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) maupun Petugas Lapas Lahat Kanwil Kemenkumham Sumsel dalam pelaksanaan pelayanan kunjungan virtual sekaligus penitipan barang di hari pertama dan kedua Idul Fitri 1443 H tahun 2022 Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Lahat. Rabu, 04 Mei 2022.

Soetopo Barutu selaku Kepala Lapas Lahat mengatakan bahwa pihaknya masih terus membuka layanan kunjungan virtual atau Inovasi Delivery Video Call (ID-VC) serta layanan penitipan makanan dan barang untuk kebutuhan Warga Binaan Lapas Lahat.

Bacaan Lainnya

“pada masa Lebaran ini kami memberikan kebebasan lebih kepada WBP untuk dapat bersilaturahmi secara virtual dengan Keluarganya, kami telah menyiapkan 15 unit sarana Video Call yang bisa digunakan.” Kata Soetopo.

Kemudian Lapas Lahat juga telah menyiapkan tim layanan untuk memberikan kemudahan layanan penitipan dan juga video call.

“biasanya saat masa lebaran seperti ini akan ada banyak sekali Keluarga dari WBP yang ingin bersilaturahmi serta mengirimkan pakaian dan makanan, untuk memaksimalkan pelayanan tersebut, Lapas Lahat menyiapkan tim yang dikoordinator langsung oleh petugas setingkat Kasi.” Tambah Kalapas.

Suasana kunjungan di Lapas Lahat

Sementara di tempat berbeda, H. Somad, S.Sos selaku Kasi Binadik Lapas Lahat menjelaskan tentang jadwal maupun waktu pelayanan yang diberlakukan, ia juga mengatakan bahwa pada tahun ini Lapas Lahat menyediakan layanan spesial untuk pengunjung dengan membuka Pojok Layanan Konsultasi Kesehatan bersama Dokter Lapas Lahat yaitu Dr. Jonni Irawan bersama petugas lainnya. Kemudian ia juga mengatakan bahwa seluruh Pelayanan tersebut tidak dipungut biaya.

“pelayanan ini dimulai sejak hari pertama lebaran tanggal 02 sampai dengan 06 Mei 2022 yang dibagi menjadi 2 sesi, sesi pertama dimulai pada pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.30 WIB, kemudian sesi kedua pukul 13.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB. Untuk diketahui bahwasanya kegiatan pelayanan ini tidak dipungut biaya alias gratis” Jelas Somad.

suasana layanan wartelsuspas di lapas lahat

Terpantau volume penggunaan keseluruhan layanan Lapas Lahat pada hari pertama yaitu sebanyak 185 orang. 45 orang untuk Layanan ID-VC (Video Call), 9 orang untuk layanan konsultasi kesehatan dan 87 orang WBP untuk penggunaan Wartelsuspas (Sarana komunikasi khusus Warga Binaan).

Berbeda dengan hari pertama, penurunan volume penggunaan pelayanan terjadi di hari kedua lebaran yaitu sebanyak 129 orang. 20 orang untuk layanan ID-VC (Video call), 5 orang untuk layanan konsultasi kesehatan dan 107 WBP untuk penggunaan layanan wartelsuspas.

Anggota TNI dan Polres bantuan pengamanan di Lapas Lahat

Sesuai arahan dari Kanwil Kemenkumham Sumsel Harun Sulianto, dalam apel siaga menyambut Idul Fitri 1443 H pada beberapa waktu lalu, Lapas Lahat dalam pelaksanaannya juga telah bekerja sama dengan beberapa pihak seperti TNI, Polri maupun Damkar guna meningkatkan kualitas keamanan dan mencegah gangguan kamtib.

“selain telah menetapkan tugas dan fungsi dari setiap jajaran pejabat struktural hingga staf, dalam hal ini kami juga dibantu oleh rekan-rekan TNI dan Polri, baik yang beruniform maupun tanpa uniform. Sebagai informasi, tahun ini merupakan tahun ketiga bagi Lapas Lahat dalam pelaksanaan layanan virtual, mengingat masih dalam masa pandemi.” jelas Kalapas menutup pembicaraan. (Red)

Pos terkait