Kaya Sumber Alam, Lahat Malah Jadi Daerah Termiskin ke-2 di Sumsel, Bupati Cik Ujang Gagal

Catatan: Oktaria SaputraMahasiswa Pascasarjana Ilmu Manajemen IPB University dan Wakil Bendahara Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI).

Jakarta, wartabianglala.com -Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan dikenal sebagai kabupaten yang kaya akan sumber daya alam. Di sana ada batu-bara, gas bumi, dan Sawit.

Selain memiliki kekayaan di bidang pertambangan, Lahat juga memiliki kekayaan di sektor perkebunan dan pertanian, salah satunya kopi yang menjadi andalan; kopi terbaik dimiliki Sumatera-Selatan.

Tak sampai disitu saja, Lahat juga memilik potensi wisata yang menarik, banyak wisatawan lokal Sumatera-Selatan dan luar sengaja datang ke Lahat untuk menikmati keindahan wisatanya.

Namun, kenapa masyarakatnya banyak yang miskin. Apa tidak ada solusi pengentasan kemiskinan?

Berdasarkan data yang dirilis oleh BPS, Kabupaten Lahat menjadi kabupaten nomor 2 dalam kategori daerah termiskin yang ada di wilayah Provinsi Sumatera-Selatan, dengan persentase 16,46 % per-Maret 2021. Bahkan sejak 2018, Kabupaten Lahat bertengger di posisi kabupaten termiskin ke-2 di Sumsel.

Menjadi pertanyaan besar, mengapa bisa menjadi Kabupaten Termiskin kedua di Provinsi Sumatera-Selatan, ada apa dan apa yang dilakukan selama memimpin Kabupaten Lahat selama ini?

Lahat sebagai kabupaten termiskin ke-2 di Sumsel, adalah sebuah tamparan keras bagi pemerintah Kabupaten Lahat hari ini. Hal tersebut menandakan pemimpinnya gagal.

Saya selaku putra daerah Kabupaten Lahat, sangat merasa prihatin ketika Kabupaten yang kaya akan Sumber Daya Alam dan memiliki APBD sangat besar dibanding daerah lain, tapi menjadi daerah termiskin ke-2 di Sumatera-Selatan.

Pemerintah, khususnya Bupati Lahat harus cakap dan tanggap menanggapi permasalahan ini. Jangan bupati enak-enak saja.

Jadikan ini sebagai bahan evaluasi besar yang harus dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Lahat, agar mencari jalan keluar bagaimana cara terbebas dari daerah termiskin di Sumatera-Selatan ini.

Saya yakin, ketika semua yang ada di Kabupaten Lahat dikelola dan dimanfaatkan secara baik dan benar, masyarakat Kabupaten Lahat akan sejahtera dan terhindar dari kemiskinan.

Maka dari itu diharapkan kepada Pemerintah Kabupaten Lahat, coba memperkuat sumberdaya manusianya, sehingga mampu mengelola sumber daya alam di Kabupaten Lahat.

Jakarta, 28 Maret 2022

Pos terkait