Irfan Witarto Jelaskan Sastra Tutur di Workshop Tari Tradisional Bagi Guru SMP Se-Kabupaten Lahat

wartabianglala.com – Seniman dan Budayawan Kabupaten Lahat, Irfan Witarto, menjadi salah satu narasumber di Workshop Tari Tradisional Bagi Guru SMP se-Kabupaten Lahat. Kegiatan dilangsungkan di Ballroom Hotel Callista dengan dihadiri 40 peserta dari guru tingkat SMP di Kabupaten Lahat. Senin (06/12/2021).

Di kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat ini, Irfan Witarto, menjelaskan tentang salah satu kesenian khas Kabupaten Lahat, yakni Sastra Tutur.
Di sela menjadi pemateri, Irfan Witarto berkesempatan menuturkan Guritan sebagai salah satu bagian dari Sastra Tutur, selain Tadut, Rimbai, Meringit, Rejung, dll.

Irfan Witarto mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Disdikbud Lahat ini. Menurutnya, meski terlihat seperti bertolak belakang dengan tarian, sastra tutur bisa berkorelasi dengan tari-tarian.

“Yang pertama pastinya kita mengapresiasi kegiatan Disdikbud Lahat yang sudah mengangkat tradisi daerah. Apalagi jika ke depan sampai masuk ke kurikulum. Sastra Tutur dapat dikolaborasikan dengan tarian, semisal menyelipkannya di tengah tatian,” ujar Irfan Witarto.

Workshop ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas pendidikan dan kebudayaan Lahat, Drs. Suhirdin, M.M dan turut dihadiri Kepala Bidang Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat Bambang Aprianto.

(Yardi Chan)

 

Pos terkait