SELEBGRAM @AWAJIE78

Catatan Mario Andramartik

wartabianglala.com – Di era digital ini kita tidak bisa luput dari penggunaan media sosial, mulai dari bangun tidur hingga mau tidur di malam hari selalu menggunakan media social. Dari anak usia dini, remaja, orang dewasa hingga orang lanjut usia tak lepas dari penggunaan media social. Berbagai jenis media social yang digunakan ada facebook, instagram, twitter, telegram, whatapp, tiktok, youtube dan sebagainya sesuai dengan selera.

Penggunaan media social ini ada yang digunakan sekedar untuk berbagi atau sharing info, mencari informasi, sekedar mengikuti tren masa kini dan ada juga yang menggunakannya sebagai profesi. Sehingga ada julukan profesi sebagai youtuber, selebgram dan sebagainya.

Salah satu selegram yang saat ini dapat kita lihat di tiktok dan instagram adalah akun instagram bernama @awajie78 yang telah mempunyai followers sebanyak 26.8K. Di sini kita bisa lihat bagaimana si pemilik akun dengan celotehnya yang sangat fasih berbicara dalam bahasa Lahat. Dari bahasa yang disampaikan banyak sekali bahasa yang jarang kita dengar dan terasa asing. Selebgram dengan cirikhas bahasa daerah Lahat/Pagaralam ini telah membuat namanya dikenal luas bahkan pernah masuk di program televisi nasional.

Ada yang tahu siapa selebgram dengan akun awajie78 ini? Ternyata wanita berparas cantik dengan kulit putih berambut hitam sebahu ini merupakan orang Lahat tepatnya campuran dari Desa Jati dan Desa Tanjung Mulak Kecamatan Pulau Pinang Kabupaten Lahat. Sejak lahir hingga umur 12 tahun awajie78 yang bernama asli Annisyah Gumay sudah meninggalkan kampung halaman dan menetap di Banten. Sejak di Banten Annisyah mengukir berbagai prestasi seperti Juara 3 Putri CMB Fiesta 94 Banten, Juara Photogenic Putri Merah Putih Banten 95, Juara 1 Putri Merah Putih Banten 95, 25 Gorgeous Girl Female Magazie Singapore 1998.

Dengan modal prestasi tersebut ditambah kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni dan penampilan yang menarik sebagai seorang gadis mengantarkan Annisyah berkarier sebagai pramugari di perusahaan penerbangan luar negeri yaitu sebagai pramugari Singapore Airlines kemudian kembali ke Indonesia menjadi pramugari penerbangan nasional di Garuda Indonesia lalu menepati posisi sebagai salah satu Senior Manager (Pax Services) di perusahaan nasional Gapura Angkasa.

Wanita yang telah mempunyai 2 putra ini tetap tampil cantik dan menawan dalam setiap kesempatan. Terlihat Annisyah sempat pulang ke Lahat dan hadir pada kegiatan peringatan International Coffee Day di Lahat beberapa waktu lalu. Dalam kesempatan ini Annisyah sangat menarik perhatian seluruh hadirin yang datang. Terpantau Annisyah berfoto dengan para pejabat di Pemerintahan Kabupaten Lahat dan juga banyak pengunjung yang minta untuk berfoto begitu juga beberapa media melakukan sesi wawancara.

Annisyah sebagai public figure yang berasal dari Lahat dan telah mengenalkan bahasa daerah Lahat perlu kita apresiasi apalagi tidak banyak figure yang mempopulerkan bahasa daerah Lahat terlebih Annisyah yang sejak berusia 12 tahun meninggalkan Lahat tetapi masih sangat fasih mengucapkan bahasa Lahat yang saat ini sudah jarang terdengar apalagi masyarakat Lahat yang berada di Kota Lahat dan luar Lahat sudah sering menggunakan bahasa Palembang dan meninggalkan bahasa Lahat asli. Jadi apa yang telah dilakukan Annisyah di tiktok dan instagram dengan celoteh bahasa Lahat perlu kita apresiasi dan semoga tumbuh Annisyah lainnya yang peduli dengan pelestarian budaya daerah seperti bahasa daerah ini.

Lahat, 10 November 2021

Pos terkait