Untuk Angkat Musik Kabupaten Lahat, Armadi Raga Siap Menetap Selama Dua Tahun ke Depan

wartabianglala.com – Siapa yang tidak kenal dengan Armadi Raga, khususnya masyarakat Sumatera Selatan?! Sudah lebih dari 2 (dua) dekade penyanyi dan pencipta lagu bergenre melayu ini menemani kehidupan masyarakat Sumatera Selatan dengan karya-karya hitsnya.

Hari ini, Jumat (29/10/2021) Armadi Raga menyambangi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Lahat untuk bersilaturahmi. Kehadiran pencipta lagu Laila Canggung dan Ijuk yang hits dibawakn Iyeth Bustami ini disambut hangat Disdikbud melalui Kabid Kebudayaan Bambang Apriyanto. Turut hadir Kabid Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Lahat Soni, Staff Khusus Bupati Lahat Bidang Pariwisata Mario Andramartik, Ketua Dewan Kesenian Lahat yan Safran, dan Aktivis Pemerhati Budaya.

Armadi Raga yang sudah malang melintang di blantika musik tanah air, menyampaikan keinginannya untuk berkolaborasi dengan Pemkab Lahat dan para pelaku seni di Kabupaten Lahat. Hal ini bertujuan untuk mengangkat potensi seni musik di Kabupaten Lahat ke kancah nasional bahkan internasional.

“Saya pribadi melihat potensi SDM seniman, khususnya bidang tarik suara di Kabupaten Lahat sudah sangat baik. Tinggal lagi bagaimana promosi dan memiliki studio record yang berkelas nasional. Jika semua itu terwujud, akan menjadi sebuah jembatan mengangkat Kabupaten Lahat dan menjadi input besar bagi sektor pariwisata Kabupaten Lahat. Bahkan, akan menjadi satu-satunya studio rekaman terbaik di 17 kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Selatan,” ucap pencipta lagu Menimang Landak yang dibawakan Ine Sinthya ini.

Pria yang kerap disebut ‘Mamang Miang Hebung’ ini juga telah menyiapkan 2 buah lagu untuk dinyanyikan penyanyi Lahat dan siap menyupport talenta penyanyi Lahat jika ingin go nasional. Selain itu, ia juga telah menyiapkan sebuah film yang sudah lama dikonsepnya berjudul ‘Miang Hebung’ untuk diproduksi di Kabupaten Lahat.

“Saya punya 2 lagu yang sudah siap dibawakan dan ikhlas jika akan dijadikan hak paten lagu Kabupaten Lahat. Selain itu, alhamdulillah dengan kiprah kita selama berkarier di dunia permusikan tanah air, kita siap menyupport jika ada talenta-talenta di Kabupaten Lahat yang akan ikut audisi menyanyi. Saya juga punya skenario film judulnya Miang Hebung, sudah lama saya konsep, bisa juga diproduksi di Kabupaten Lahat,” ungkapnya.

Bahkan, untuk memenuhi pencapaian yang disebutkan tadi, Armadi Raga siap menetap di Kabupaten Lahat untuk 2 tahun ke depan.

“Agar semuanya bisa terwujud, saya siap menetap di Kabupaten Lahat untuk 2 tahun ke depan. Terpenting itu tadi, untuk memanen tentu saja kita harus memiliki sawah terlebih dahulu. Untuk melahirkan penyanyi handal kita musti ada fasilitas yang baik seperti studio rekaman yang bagus,” ujarnya.

Keinginan Armadi Raga ini disambut positif oleh Kabid Kebudayaan Disdikbud Lahat dan Kabid Ekraf Dinas Pariwisata Lahat.

“Pastinya kita menyambut baik program ini. Apalagi selama ini kesulitan kita terletak pada studio rekaman yang mumpuni. Hingga selama ini harus ke Pulau Jawa untuk rekaman lagu daerah. Ini menarik. Akan menjadi sebuah terobosan yang dapat mengangkat kebudayaan hingga ke sektor wisata,” ucap Bambang Apriyanto didampingi Soni.

Staff Khusus Bupati Lahat Bidang Pariwisata Mario Andramrtik dan Yan Safran selaku Ketua Dewan Kesenian Lahat juga memberikan statement positif.

“Kalau kami sangat mendukung dan bangga. Semoga Armadi Raga bersama Organisasi Ladasss (Lagu Daerah se-Sumatera Selatan) dapat berkiprah dan menjadi bagian dari mengharumkan Bumi Seganti Setungguan,” tutur mereka.

Ke depan, pertemuan ini akan dilanjutkan dengan audiensi bersama Bupati Lahat yang kemungkinan besar akan dilangsungkan dalam waktu dekat.

(Aan Kunchay)

Pos terkait