Masuki Musim Penghujan, Tim SaR BPBD Lahat Siap Siaga

wartabianglala.com – wartabianglala.com – Memasuki musim penghujan yang puncaknya di bulan November tahun 2021 ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lahat mengimbau masyarakat yang ada di Kota Lahat dan sekitarnya untuk meningkatkan kesiapsiagaan. Terutama kewaspadaan dengan potensi bencana alam khususnya genangan air, banjir, dan tanah longsor.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lahat Drs. H. Ali Afandi melalui kepala bidang Kedaruratan dan Logistik Ananta, S.T.,M.T menyampaikan bahwasanya menjaga kebersihan Lingkungan merupakan salah satu prioritas untuk menghindari bencana.

“Untuk masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi musim penghujan ini. Masyarakat juga diharapkan agar tidak membuang sampah sembarangan dan selalu membersihkan saluran air yang dapat menyebabkan tersumbatnya saluran air apabila hujan tiba,” jelasnya.

Selain itu, menurut Ananta ancaman bencana selama musim hujan ini salah satu nya juga tanah longsor. Dalam mengahadapi bencana tanah longsor ini diharapkan masyarakat untuk tidak melakukan penebangan hutan secara liar.

“Sedangkan dalam mengadapi musim penghujan tersebut petugas SAR BPBD Kota lahat terus siaga dalam menghadapi bencana alam dengan berpratoli dan turun kelapangan untuk memastikan  kondisi lingkungan agar masyarakat tetap aman. Untuk titik rawan banjir area Kota Lahat yang perlu diwaspadai adalah sekitaran Talang Jawa di Blok A dan Blok C,Kota Jaya” pungkas Ananta.

(Dian/Rio)

Pos terkait