Turut Tangani Pandemi Covid-19, PTMIP Bagikan 1000 Paket Vitamin dan Oksigen Konsentrat ke Pemkab Lahat

Lahat, wartabianglala.com — Pada hari ini, Rabu 4/9/ 2021 PT. Mustika Indah Permai (PTMIP) Sebagai Anak Perusahaan Adaro Energi serahkan bantuan 1.000 paket masker dan vitamin senilai 100 juta kepada Pemda Kabupaten Lahat melalui Kepala Satgas Kabupaten Lahat.

Eksternal Relation PT. MIP, Andi Wijaya menjelaskan bantuan 1000 paket Vitamin dan masker ini disalurkan dengan tujuan untuk menekan angka penyebaran khususnya yang terinfeksi Covid-19 di Kabupaten Lahat.

“Harapannya bantuan ini berguna untuk Kabupaten Lahat khususnya bagi masyarakat yang menjalani isolasi mandiri,” ucap Andi.

Berdasarkan hal tersebut, melalui program “Adaro Berjuang untuk Indonesia”, Adaro Group memberikan dukungan 1000 konsentrator oksigen senilai Rp 12,6 miliar kepada Rumah Sakit & Klinik yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia.

Dari 1000 konsentrator oksigen yang disediakan, 300 di antaranya akan disalurkan kepada 19 Rumah Sakit & 10 Klinik Adaro yang ada di provinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Sumatera Selatan.

Distribusi 300 unit konsentrator oksigen tersebut dilakukan dengan koordinasi oleh anak-anak perusahaan di wilayah Kalsel dan Kalteng (Adaro Indonesia, Sapta Indra Sejati, Balangan Coal, Adaro logistics, Makmur Sejahtera Wisesa, Tanjung Power Indonesia, dan Adaro Metcoal Companies).

Lebih lanjut ia mengatakan Vitamin ini adalah untuk membentuk imun tubuh masyarakat yang harus terus terjaga pada saat kondisi pandemi saat ini, untuk Itulah PTMIP dan Adaro Group merencanakan sejak awal pandemi dalam mendukung penanganan Covid-19 di Indonesia, khususnya diwilayah operasionalnya Adaro.

Menurut Okty Damayanti, Ketua Umum Yayasan Adaro Bangun Negeri ia menjelaskan, “unit konsentrator oksigen ini akan semakin melengkapi Rumah Sakit dan Faskes lainnya dalam menangani pasien Covid-19 yang membutuhkan oksigen. Alat ini akan sangat berguna terutama di wilayah yang jauh dari akses terhadap pemasok oksigen”.

Bekerjasama dengan Yayasan Satriabudi Dharma Setia (YSDS), Adaro memastikan konsentrator oksigen ini memenuhi kriteria kemudahan dalam penanganan pasien yaitu mudah dipindahkan dan dibawa ke lokasi pasien,tidak perlu penanganan yang kompleks serta tidak perlu diisi ulang.

Dalam acara serah terima tersebut PTMIP mengajak masyarakat untuk menerapkan hidup disiplin dengan langkah 3M agar Indonesia menang dalam melawan pandemi ini.

Untuk melawan Pandemi ini ia jelaskan perlu adanya sinergi dengan berbagai pihak agar implemtasinya dapat dirasakan baik ba masyarakat, karena itu untuk saat ini Adaro menggandeng Relawan Anak Bangsa (RAB).

RAB merupakan gerakan aksi sosial yang dijalankan Yayasan Wahana Artha dengan dukungan 36 perusahaan besar di Indonesia yang juga berkomitmen untuk membantu pemerintah melawan pandemi covid-19.

“Kami berharap bantuan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Kab. Lahat” ungkap Andi Wijaya pada saat serah terima bantuan dan semoga kabupaten lahat menjadi kabupaten nomor satu dalam penanggulangan Covid19.

Hadir pada saat acara penyerahan bantuan tersebut, Bupati/Ketua Satgas Kabupaten Lahat mengungkapkan rasa terimakasih serta apresiasi atas bantuan yang telah di berikan Adaro Group melalui PT. MIP.

“Atas nama tim Satgas Covid-19 Kab Lahat, kami menyampaikan terimakasih dan penghargaan atas bantuan yang diberikan karena ini memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat yang menjalani isolasi mandiri,” tuturnya.

Sementara Wakil Bupati Lahat H. Haryanto, SE, MM mengatakan perlu diketahui alhamdulilah Kabupaten Lahat saat ini sudah zona kuning. Terimakasih kasih bantuan dari PT MIP, tentunya Pemerintah Daerah Lahat berharap bantuan ini tidak digunakan, dalam artiannya kalau tidak dipakai atau digunakan artinya masyararakat Kabupaten Lahat sehat semua.

“Bantuan oksigen dan vitamin dari PT MIP dan lainnya kami terima, kami pemerintah daerah mengucapkan terimakasih banyak, dan seperti yang disampaikan oleh pihak PT MIP untuk oksigen digunakan dengan pinjam pakai tidak dicatat sebagai aset,” cetus Wabup Lahat.

(Red)

Pos terkait