Dihadiri Kadin Lahat, PT. BMS Resmikan Program PPM Budidaya Cacing Tanah

LAHAT, wartabianglala.com — Cacing tanah makin populer untuk dibudidayakan. Selain metode pengembangbiakannya yang sederhana, modal yang diperlukan untuk budidaya cacing tanah relatif kecil namun bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Seperti yang kita ketahui, cacing tanah atau yang memiliki nama latin “lumbricus rubellus” merupakan hewan yang tidak bertulang dan hidup dibawah tanah yang lembap.

Hari ini Jumat (16/07) bertepat di Kelurahan Kota Baru, Kabupaten Lahat PT. Bara Manunggal Sakti (PT.BMS) meresmikan usaha Budidaya Cacing Tanah “Mutiara Cacing” kegaiatan ini adalah program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) dari PT. BMS untuk masyarakat yang terdampak dari perusahan tersebut.

Usaha Budidaya Cacing Tanah dari PT. BMS langsung di serahkan oleh pihak pengelola dari Rumah Keraaktif Sriwijaya (RKS). Hal ini disampaikan oleh Raden Kusnadi Ketua Budidaya Cacing Tanah ia mengucapkan terimakasih kepada pihak perusahaan PT. BMS dengan Progam Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat.

“Alhamdulillah kami ucapkan terimakasih atas bantuan usaha untuk masyarakat kami, program PPM ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dan kelompok kami apa lagi di masa Pandemi Covid-19 berdampak pada ekonomi masyarakat. Namun ada usaha yang menjanjikan yang dapat digeluti oleh masyarakat, yakni budidaya cacing tanah. Isnya Allah kedepan kami siap membantu tenaga kami kepada perusahaan PT.BMS ini,” kata Raden.

Sementara Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Lahat Endriansyah, S. H mengadiri peresmian usaha Budidaya Cacing Tanah, program PPM dari PT. Bara Manunggal Sakti ia mengatakan.

“Saya selaku ketua Kadin Lahat ucapkan terima kasih kepada pihak PT. BMS salah satu program untuk budidaya cacing untuk warganya di seputaran perusahaan. Kami disini bisa menjadi pasilitator serta mengapresiasi program dari perusahaan PT. BMS, kita akan terus memantau usaha budidaya Cacing Tanah yang diberikan kepala kelompok,”pungkas Endriansyah yang akrab panggil Eenk Muda.

Lanjut Eenk Muda, siap membantu para warga yang ada dikabupaten Lahat, serta dirinya bersama tim akan mempromosikan program PPM Budidaya Cacing Tanah dari PT. BMS kepada perusahaan yang ada di lahat.

“Insya Allah tim kami bisa mempromosikan usaha budidaya cacing ini kestiap tambang yang ada di kabupaten lahat. Apa lagi perusahaan PT. BMS bisa menunjang ekonomi kreatif untuk warga yang terdampak Perusahaan. Dengan adanya bantuan ini bisa bermanfaat bagi warga kota baru. dan mengangkat nama perusahaan PT. BMS,”ujarnya.

Hal ini dikatakan oleh Pihak perusahaan ia selaku Kepala Teknik Tambang (KTT) PT. BMS Dudy Alfriansyah didampingi oleh Manager HRD PT BMS Andri Kusnadi ia mengucapkan terimakasih atas sambutan kedatangan beserta rombangannya ia mengucapkan.

“Alhamdulillah, kami dari pihak perusahaan PT.BMS dengan program PPM ini bisa membantu warga kota baru khusunya warga yang didekat perubahan tambang kami. Apalagi Progam ini pertama untuk perusahaan kami membuat usaha ini niat dengan sunggu sangat baik. Semoga budidaya cacing tanah ini meningkat dan apa lagi di kelolah dengan baik bisa menimbul perekonomian warga yang ada disini,”ucap Dudy.

Dengan adanya usaha Budidaya Cacing Tanah program PPM PT. BMS ini pihak perusahaan sangat mendukung yang dilakukan oleh kelompok Mutiara Cacing.

“Kami perusahaan siap bantu warga walapun masih merintis budidaya cacing ini. Soal ini masa pandemi Covid-19 semua serba sulit. Pihak perusahaan bisa berkonsentrasi untuk masyarakat disini khusunya Kabupaten Lahat, Mudah-mudahan apa yang di lakukan bisa berjalan dengan baik dan maju,” katanya.

(Prima Ramadhan)

 

Pos terkait