Wabup Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Musi 2021 Polres Lahat

wartabianglala.com – Bertempat di halaman Mapolres Lahat, sekitar pukul 08.00 WIB, Polres Lahat melaksanakan apel gelar pasukan Dalam rangka Ops Ketupat Musi 2021 polres lahat. Sebagai pimpinan dalam apel ini adalah Wakil Bupati Lahat H. Hariyanto, S.E.,M.M.,M.B.A. Rabu, (05/05/2021).

Dalam amanatnya, Wakil Bupati Lahat membacakan amanat Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo.M.Si bahwasanya apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat Musi dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah. Kesiapan baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan mitra kamtibmas.

“Hari raya Idulfitri 1442 Hijriyah dirayakan oleh mayoritas masyarakat indonesia. Peningkatan aktivitas masyarakat akan terjadu dalam bentuk kegiatan ibadah dan kegiatan masyarakat di sentra-sentra ekonomi, destinasi pariwisata, serta kegiatan budaya seperti takbir keliling dan halal bihalal. Hal ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas, gangguan Kamseltibcar lantas dan pelanggaran protokol kesehatan covid 19,” ujar H. Haryanto.

Sementara itu, Kapolres Lahat AKBP. Achmad Gusti Hartono, S.I.K menyatakan Operasi Ketupat Musi 2021 akan diselenggarakan selama 12 hari.

“Polri menyelenggarakan Ops Ketupat Musi 2021 yang akan dilaksanakan selama 12 hari. Terhitung mulai tanggal 06 sampai dengan 17 mei 2021 dengan tema Sinergitas Polri dengan instansi terkait dalam memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Idulfitri 1442 hijriyah,” ucap Achmad Gusti Hartono.

Ditambahkan Kapolres, Tujuan yang ingin dicapai dari Ops Ketupat Musi 2021 adalah masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan rasa aman, nyama,n serta terhindar dari bahaya Covid-19.

“Kondisi yang aman dan kondusif merupakan dambaan setiap warga negara, karena masyarakat dapat menjalankan aktifitas dengan optimal tidak di liputi oleh rasa khawatir dan rasa takut,” tandasnya.

Dalam pelaksanaan operasi ketupat musi 2021 polres lahat mendirikan 7 pos terpadu yang terdiri dari 5 pos terpadu penyekatan dan 2 pos pam pengamanan serta melibatkan 302 personel yang terdiri dari :
– 152 personel polres lahat.
– 30 personel TNI kodim 0405 lahat.
– 12 personel dishub kab lahat.
– 30 personel pol pp kab lahat.
– 4 personel jasa raharja
– 10 personel damkar
– 6 personel PMI
– 12 pramuka
– 10 dinas kesehatan
– 2 senkom
– 12 personel BPBD
– 5 pelahar PKS
– 5 personel PLN
– 6 petugas PU.

(Aan Kunchay)

Pos terkait