Bupati Lahat Lestarikan Budaya Nanggok Ikan

Rilis Kominfo

Wartabianglala.com – Bertempat di Desa Gedung Agung Kecamatan Merapi Timur, Kabupaten Lahat, Bupati Lahat Cik Ujang, S.H, bersama dengan warga turun ke Tebat Lempaung (Danau) untuk Menangguk (Menjala) ikan. Pada Minggu (11/04/2021).

Jika di Kecamatan Kikim Area ada budaya yang namanya Bekarang, maka di Kecamatan Merapi Area juga terdapat budaya serupa yang biasa masyarakat sebut denngan istilah Nangguk Bersame.

Tahun ini, Bupati Lahat, Cik Ujang, S.H. kembali menyempatkan diri ke Desa Gedung Agung Kecamatan Merapi Timur, untuk Nangguk Bersame di Danau seluas 2 hektar yang diberi nama; Tebat Lempaung.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Lahat mengatakan, bahwasannya di Kabupaten Lahat ini hampir di tiap daerahnya memiliki budaya atau peninggalan nenek moyang. Untuk itu perlu dijaga dan dilestarikan agar budaya ini tetap ada hingga ke anak cucu kita.

“Terima kasih masyarakat Desa Gedung Agung sudah tetap menjaga, melestarikan budaya ini. Kebersamaan ini sudah jarang ada di daerah-daerah lain,” kata Cik Ujang.

 

Selain itu Cik Ujang menambahkan, bahwa Pemerintah Kabupaten Lahat berencana akan menjadikan Tebat Lempaung ini sebagai objek destinasi wisata. Sehingga di saat momen seperti ini akan banyak wisatawan yang datang mengunjungi Kabupaten Lahat.

“Insya Allah jika memungkinkan, kawasan semacam Tebat Lempaung ini akan kita jadikan sebagai bagian dari destinasi wisata khas Kabupaten Lahat. Dengan demikian, selain dapat mempertahankan dan menjaga peninggalan nenek moyang, juga dapat memperkenalkan budaya semacam Nangguk Ikan ini ke masyarakat luas” Kata Cik Ujang.

Selama kegiatan Nangguk Bersame berlangsung, warga desa turut bergembira dengan masuk ke Tebat Lempaung untuk menangkap ikan menggunakan bubu dan jala.

di sela-sela aksinya menangguk ikan, Bupati Lahat itu sempat berucap dengan bahasa Lahat, bahwa nantinya Tebat Lempaung ini akan kembali di isi ikan-ikan.

“kele kite uculka ikan lagi, yang penting budaya ini dijage, jangan sampai hilang.” Katanya.

(Editor : Redaksi)

Pos terkait