Nasrun Umar Ajak Seluruh Masyarakat Sukseskan Pendataan Keluarga 2021

wartabianglala.com – Plh. Bupati Muara Enim, Dr. H. Nasrun Umar, S.H.,M.M, pada kamis pagi (01/04) secara simbolis meluncurkan dan memulai kegiatan Pendataan Keluarga 2021 di Kabupaten Muara Enim yang juga dilaksanakan secara serentak di Indonesia pada hari ini hingga akhir Mei mendatang.

Dalam kegiatan tersebut, Plh Bupati bersama Pj. Sekretaris Daerah, Drs Emran Tabrani, M.Si  dan Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan & SDM, Amrullah Jamaluddin, S.E beserta petugas pendataan mendatangi beberapa rumah warga di Kelurahan Air Lintang, Kecamatan Muara Enim.

Plh Bupati menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan program dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) sesuai amanat Undang-undang Nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga yang menginstruksikan agar pemerintah daerah wajib mengumpulkan, mengolah dan menyajikan data maupun informasi mengenai kependudukan dan keluarga. Menurutnya data yang didapat tentunya akan dipergunakan sebagai parameter penting untuk pemetaan dan perencanaan indikator pembangunan daerah.

Lebih lanjut Plh. Bupati menjelaskan bahwa dengan adanya pendataan keluarga ini, maka diharapkan dapat menyediakan  data basis keluarga yang akurat, valid, relevan dan dapat dipertanggungawabkan sehingga nantinya hasil pendataan keluarga ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dan intervensi dalam mengambil kebijakan pembangunan di Kabupaten Muara Enim.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Muara Enim, H Rinaldo, AP MSi Aldo Rinaldo  menyampaikan bahwa selain indikator kependudukan dan keluarga berencana, indikator lain yang diukur dalam kegiatan ini yaitu pembangunan keluarga berkualitas yang terkait dengan kebutuhan dasar, kesehatan, konflik keluarga, kondisi rumah sehat dan pemetaan risiko stunting bagi balita di Kabupaten Muara Enim.

Mengingat pentingnya kegiatan ini, Plh. Bupati-pun mengajak seluruh masyarakat untuk turut menyukseskannya melalui kerja sama yang baik dengan menerima kehadiran petugas pendata dan memberikan data yang jujur, tepat serta akurat.

(Bella – WB)

Pos terkait