Pengukuhkan Forum HRD Lahat oleh Bupati Cik Ujang

wartabianglala.com, Lahat – Pelantikan pengurus Forum Human Resource Development (HRD) periode 2022-2024 Lahat oleh Bupati Lahat Cik Ujang SH, Senin( 6/6/2022 ). Forum HRD yang pertama terbentuk di Sumsel dihadiri oleh Sekda Chandra SH dan seluruh Forkompimda Lahat.

Menurut Cik Ujang, dirinya mengapresiasi semua pihak yang terkait terbentuknya Forum HRD ini. Cik Ujang berharap, melalui forum ini bisa membantu menyelesaikan permasalahan yang ada, baik di internal maupun eksternal perusahaan.

“Kedepan jika ada permasalahan terkait tenaga kerja , Forum HRD harus sama-sama mencari solusi tebaik. Terus perkuat koordinasi dengan Pemkab Lahat melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Lahat,” kata Cik Ujang.

Menurut Kepala Disnakertrans Lahat, Mustofa Nelson menuturkan, forum ini dibentuk sebagai wadah silaturahmi perusahaan, wadah untuk menciptakan sinergitas antara perusahaan dengan Pemkab Lahat.

“Forum HRD pertama yang dibentuk di Provinsi Sumsel. Jumlah anggotanya 45 orang dari 45 perusahaan tambang batu bara dan perkebunan di Kabupaten Lahat,” terangnya.

Terpisah, Ketua Forum HRD Lahat Ahmad Roni menerangkan, terkait permintaan Bupati Lahat soal penyerapan tenaga kerja lokal, selama ini rekan-rekan perusahan sudah menerapkannya. Dalam lakukan rekruitmen, perusahaan biasanya menerima untuk kategori tenaga non skil, tenaga skil dan fresh graduate (belum memiliki pengalaman kerja).

“Rekrutmen ada ketentuan yang harus dipenuhi. Karena bekerja di perusahaan tambang dan perkebunan ini memiliki resiko tinggi. Jika orang yang diterima tidak memiliki keahlian, ditakutkan akan membahayakan orang lain disekitarnya,” ungkapnya.

Tnaga Fresh Graduate, setiap perusahaan biasanya memberikan pendidikan sekitar delapan bulan. Agar bisa menjadi tenaga kerja profesional.

(Amrita RH Terang)

Pos terkait