FJEL Buka Pintu Pelaku UMKM

Lahat – Momen ramadhan tahun ini, Forum Jurnalis Energi Lahat (FJEL) kembali menunjukkan eksistensinya di tengah masyarakat. Kali ini FJEL menggelar pelatihan UMKM dan dan pemberian pesan Kamtibmas untuk warga Kota Lahat. Digelar Jumat (15/4) – Sabtu (16/4), di halaman GOR Bukit Tunjuk Lahat.

“FJEL ini merupakan wadah sejumlah jurnalis di Lahat untuk bersilaturahmi, berkreasi, dengan harapan bisa memberikan edukasi ke masyarakat,” kata Ketua FJEL, Heru Senovlan, Sabtu (16/4).

Kegiatan ini bekerjasama dengan PT Bukit Pembangkit Inovatif (PT BPI) PLTU Banjarsari Pribumi dan Polres Lahat. Dengan tema “Memulai Usaha, Menganalisa Pasar dan Menjaga Kualitas Produk UMKM”. Tujuannya meningkatkan geliat perekonomian dan menurunkan kasus narkoba yang menjerat warga Lahat.

“Gol akhir kegiatan ini, tumbuhnya UMKM baru di Kota Lahat. Selain itu, kedepan warga Lahat bisa menghindari keluarga dari bahaya narkoba,” terang Ketua Panitia, Ahmad Wahyudi.

Kegiatan yang dikemas dengan nuansa Talk Show ini, menghadirkan narasumber yakni Ariyanti SSos, Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM, perwakilan PT BPI, dan perwakilan jurnalis dari FJEL. Hari kedua, dari Kapolres Lahat, AKBP Eko Sumaryanto SIK diwakili Iptu Yuslan, KBO Satbinmas Polres Lahat dan perwakilan jurnalis FJEL.

“Kegiatan yang digelar FJEL ini sangat kreatif. Bagi undangan yang hadir dan nantinya sudah membentuk sebuah UMKM, kita siap memberikan bantuan penyertaan modal, tentunya dengan sejumlah persyaratan. Ini bentuk PT BPI juga hadir untuk warga Lahat,” ujar Manager Umum PT BPI, Faza Ikhwan.

Selain berinteraksi langsung dengan narasumber, warga yang hadir juga mendapatkan sejumlah doorprize menarik yang disiapkan panitia. Selain itu, ada juga pembagian ta’jil dan nasi kotak dari PT BPI untuk warga yang hadir dan warga sekitar.

“Ini sangat menarik, saya kira wartawan hanya menyajikan berita saja, ternyata bisa juga jadi motor penggerak perubahan,” ucap Ade Kurniawan, salah satu warga yang hadir dalam pelatihan UMKM.

(Red)

Pos terkait