Menjabat Sebagai Kalapas, Soetopo Berutu Siap Wujudkan Lapas Lahat Sebagai WBK dan WBBM

Lahat, wartabianglala.com – Bertempat di Ruang Kunjungan (Aula) Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Lahat pada hari Kamis, 09 Desember 2021, telah berlangsung acara Pisah Sambut Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Lahat; Bapak Pudjiono Gunawan, S.H., M.Si kepada Bapak Soetopo Berutu, A.Md.I.P., S.Sos., M.Si.

Dalam acara tersebut, hadir segenap jajaran staf dan pejabat struktural, serta keluarga besar Dharma Wanita Persatuan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Lahat.

Sebagaimana diketahui, Pudjiono Gunawan, S.H., M.Si. yang sebelumnya menjabat sebagai Pelaksana tugas (Plt) Kepala Lapas Kelas IIA Lahat selama 8 (delapan) bulan lebih itu kini harus kembali menjalankan tugasnya di Kantor Kementerian Hukum dan HAM RI Provinsi Sumatera Selatan sebagai Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan dan Teknologi Informasi.

Dalam sambutannya ia mengucapkan terima kasih kepada segenap keluarga besar Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Lahat yang telah bekerja sama dengan baik selama ia mengemban tanggung jawab sebagai leader, selain itu juga hubungan kekeluargaan yang terjalin dengan hangat serta solidaritas yang tinggi.

“Terima kasih saya ucapkan kepada segenap keluarga besar Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Lahat yang telah menerima saya. Saya bangga pernah menjadi bagian dari keluarga besar Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Lahat. Ternyata saya telah bekerjasama dengan orang-orang yang luar biasa.” Kata Pudjiono.

Masih dalam sambutannya, ia berpesan kepada seluruh jajaran petugas pemasyarakatan Lapas Lahat dalam hal kinerja; agar kiranya jangan pernah ragu dan takut untuk belajar mencoba hal yang di luar dari “biasanya” dengan tujuan untuk mengetahui kebenaran sesungguhnya.

“kadangkala sering kita temui dalam suatu pekerjaan, yang mana hal itu dilakukan karena “biasanya” (read : hal yang membudaya) dilakukan secara berulang terus-menerus, padahal apa yang  “biasanya” dilakukan itu sesungguhnya terdapat banyak kesalahan yang harus dikoreksi. Jadi harap saya, cobalah untuk mengkoreksi dari apa yang “biasanya” dilakukan tersebut, sehingga dengan demikian kita dapat belajar.” Sambungnya.

“Kemudian, saya Berharap agara kiranya, apa yang telah saya upayakan selama menjabat sebagai Pelaksana tugas Kepala Lemabaga Pemasyarakatan Kelas II.A Lahat ini adalah sebagai pondasi awal dalam mewujudkan Lapas Lahat Sebagai Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Dan mudah-mudahan dapat benar-benar terwujud dalam waktu dekat ketika dilanjutkan oleh Kalapas yang baru yaitu Bapak Soetopo Berutu, A.Md.I.P., S.Sos., M.Si.” Harapnya.

Selanjutnya, Pudjiono Gunawan, S.H., M.Si menyampaikan permohonan maaf kepada segenap keluarga besar Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Lahat apabila selama ia bertugas terdapat kekeliruan dan kesalahan, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja.

“Dari lubuk hati saya yang paling dalam, saya sangat memohon agar kiranya selama saya bertugas di Lapas Lahat ini terdapat tindakan dan kata-kata saya yang menyakiti dan menyinggung rekan-rekan semua, saya memohon agar kiranya untuk dimaafkan. Kemudian, walaupun saya tidak lagi berada di sini, saya harap jalinan silaturahmi yang terjalin dalam keluarga besar Lapas Lahat tetap terjalin.” Harapnya.

Setalah Kalapas yang lama selesai memberikan kata sambutannya, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Kalapas yang baru yaitu; Soetopo Berutu, A.Md.I.P., S.Sos., M.Si.

Dalam sambutannya, Kalapas yang baru itu pertama-tama memperkenalkan diri sekaligus menceritakan  perjalanan karirnya selama mengabdi di Kementerian Hukum dan HAM RI.

“Pertama-tama saya ucapkan terima kasih kepada keluarga Besar Lapas Lahat yang telah dengan hangat menyambut kedatangan saya, menyiapkan segala sesuatunya dengan sederhana namun terasa sangat istimewa, istimewa dikarenakan hubungan antar sesama rekan kerja yang kelihatannya terjalin harmonis. Semoga, dengan hadirnya saya menjadi bagian dari keluarga besar Lapas Lahat diharapkan dapat menambah keharmonisan tersebut. Baiklah, saya akan jelaskan sedikit segenap perjalanan saya selama mengabdi di Kementerian Hukum dan HAM RI. Pada tahun 1990, saya pernah mengemban amanah sebagai Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KA. KPLP) di Lapas Klas IIA Labuhan Ruku, kemudian pernah juga menjabat sebagai Kepala Lemabaga Kelas IIB Luwuk di Sulawesi Tengah, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Gunung Sitolu di Kepulauan Nias dan sekarang sebagai Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Lahat.

Kemudian ia menanggapi apa yang dikatakan oleh Kalapas yang sebelumnya yaitu Pudjiono Gunawan, S.H., M.Si terkait persoalan mewujudkan Lapas Lahat sebagai Lapas yang WBK dan WBBM.

“Ya, saya sebagai Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Lahat yang baru tentunya mengucapkan terima kasih banyak kepada bapak Pudjiono Gunawan, S.H., M.Si. yang telah menegakkan pondasi awal untuk mewujudkan Lapas Lahat sebagai Lapas yang WBK dan WBBM dengan program kerjanya terdahulu. Tentunya saya akan sangat menghargai itu, dan saya akan berupaya dengan maksimal bersama dengan program-program kerja saya kedepan untuk segera dapat mewujudkannya.” Kata Soetopo tegas.

Kemudian sebelum menutup pidatonya, Soetopo Berutu mengajak segenap petugas pemasyarakatan di Lapas Kelas II A Lahat untuk melakukan pekerjaan dengan sebaik mungkin, melayani, bersih, berintegrasi, bebas pungli, dan bebas dari tindakan gratifikasi. sebagaimana wujud dari Insan Pengayoman itu sendiri.

“mari kita tunjukkan seperti apa wujud dari insan pengayoman itu dengan melayani sebaik mungkin, bersih dari pungli, berintegerasi dan bebas dari tindakan gratifikasi”. Tutupnya.

(Redaksi)

Pos terkait