Tampil Meyakinkan, Talitha Alya Githa Raih Runner Up BGL Bercahaya 2021

wartabianglala.com – Pada perhelatan pemilihan Bujang Gadis Lahat (BGL) Bercahaya tahun 2021 yang digelar tadi malam Rabu (24/11/2021) di Gedung Kesenian Lahat, Talitha Alya Githa berhasil menjadi Juara 2 atau Wakil 1. Siswi kelas XII SMAN 2 Lahat kelahiran 28 Agustus 2004 ini meraih posisi 2 besar dari 12 pasang finalis lainnya.

Gadis yang akrab dengan panggilan Qnanthie ini, tampil memukau di hadapan para juri sejak penampilan awal. Dalam openingnya, Qnanthie menuturkan bahwa budaya adalah jati diri dan pariwisata adalah wajahnya. Ia juga mengatakan, peranan pemuda sangat penting sebagai pelestari dan promotor dari kedua hal tersebut.

Pada sesi pertanyaan juga diselesaikan Qinanti dengan jawaban memukau. MC dalam acara ini, Mega Septriani dan Indra Jaya Suki membacakan pertanyaan yang dipilih finalis dan khusu Qnanthie dimintai tanggapan perihal pepatah ‘Sembak uwi pengarang rakit, timbul tenggelam same-same‘.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Qnanthie menjelaskan bahwa pepatah daerah tersebut merupakan perlambangan budaya orang-orang di Kabupaten Lahat yang senantiasa menjaga kebersamaan atau kekompakan dalam suatu urusan. Sebagaiman peribahasa, bersatu teguh bercerai runtuh.

Meski tidak terpilih sebagai juara pertama, Qnanthie tetap berbesar hati dan bersyukur karena langkahnya sudah sampai ke tahapan yang cukup tinggi.

“Alhamdulillah, pencapaian ini sudah cukup membanggakan. Terpenting adalah bagaimana kontribusi dan pergerakana ke depan sebagai bagian dari Gadis Lahat yang akan turut mempromosikan pariwisata Kabupaten Lahat,” ucapnya saat dibincangi selepas acara tadi malam.

Qnanthie juga mengucapkan terima kasih kepada semua yang terlibat dalam penyelenggaraan acara BGL Bercahaya 2021.

“Terima kasih kepada Pemkab Lahat melalui Dinas Pariwisata, dewan juri, panitia, dan seluruh finalis BGL 2021. Mari bersama-sama memajukan pariwisata Kabupaten Lahat, Sembak uwi pengarang rakit, timbul tenggelam same-same,” tandasnya.

Dan menurut Informasi, pada bulan Agustus 2022 nanti, Qnanthie bersama media www.lahatonline.com akan muhibah promo pariwisata dan budaya, menggelar acara “Semalam di Kabupaten Lahat” di kota Dumai–Riau. Di mana Qnanthie sebagai Keyboard (orgen) yang akan mengiringi adik sanak di rantau bernyanyi lagu-lagu Lahat dan aneka tari dari Kabupaten Lahat.

(Aan Kunchay)

Pos terkait