PENDIDIKAN DI ERA PANDEMI COVID-19

wartabianglala.com – Covid-19 ini merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit mulai dari penyakit ringan hingga berat, seperti batuk, pilek, dan penyakit serius lainnya. Sudah lebih 1 tahun covid-19 menyerang dunia dengan virusnya yang sangat membahayakan banyak orang dan menyebabkan lumpuhnya sistem kehidupan manusia di bidang Pendidikan salah satunya.

Adanya kebijakan dari Pemerintah yang harus menerapkan social and physical distancing, yang mengharuskan masyarakat tetap dirumah saja, bekerja dari rumah, beribadah sampai belajar dari rumah. Kondisi demikian lah yang menghambat proses pendidikan dimasa sekarang ini. Sedangkan pendidikan itu sangat penting untuk pengetahuan, ketrampilan, dan kebiasaan banyak orang untuk menghasilkan generasi yang baik dan berkualitas dari tahun ke tahun berikutnya. Dan dengan sudah dihapusnya tentang Ujian Nasional siswa-siswi jadi tidak merasakan apa arti dari perjuangan untuk bisa lulus sekolah karena terhapusnya kebijakan dari pemerintah.

Menurut saya pribadi dengan adanya sitem pembelajaran dari rumah yang mulai dari pendidikan PAUD, TK, SD, SMP, SMA dan KULIAH, yang hanya mengandalkan teknologi diharapkan semua siswa-siswi maupun mahasiswa bisa menyesuaikan diri dan memanfaatkan teknologi dengan baik dan benar serta di awasi oleh orang tua dirumah agar kegiatan pembelajaran meski dilakukan dirumah bisa bermanfaat ilmunya bagi para siswa dan mahasiswa. Memang covid-19 ini sangat meresahkan banyak masyarakat yang kita sendiri pun tidak tahu kapan segera berakhirnya pandemi sampai detik ini juga, banyak orang mengharapkan dunia ini kembali pulih seperti sedia kala yang bisa beraktvitas dengan bebas tanpa adanya keterbatasan,

Mengenal Pembelajaran Jarak Jauh

Pembelajaran Jarak Jauh yang di singkat dengan (PJJ) yaitu pendidikan formal yang berbasis lembaga yang peserta didik dan instruksinya yaitu guru maupun dosen berada di lokasi yang terpisah yang hanya memerlukan sistem telekomunikasi interaktif untuk dapat menghubungkan keduanya dan berbagai kebutuhan yang di perlukan di dalamnya. Pembelajaran daring (online) yaitu bagian dari pendidikan jarak jauh yang secara khusus menggabungkan teknologi elektronik dengan jaringan internet, penjelasan di atas sama-sama memiliki makna yang hampir sama yaitu kegiatan pembelajaran yang dilakukan tanpa adanya tatap muka langsung, dari penerapan kegiatan pembelajaran di atas siswa atau mahasiswa dapat memiliki pengetahuan yang luas serta referensi materi pembelajaran dari adanya teknologi terkait dengan internet tersebut. Tetapi seorang siswa atau mahasiswa harus pandai-pandai untuk mencari referensi materi yang bisa membantunya dalam kegiatan belajar jangan hanya tinggal mengcopas tanpa membaca dan tau makna dari materi tersebut makan akan sia-sia jika kita sebagai pelajar cuma hanya bisa salin tanpa mengerti makna atau arti dari materi itu yang sangat membantu memperluas pemikiran kita.

Tantangan yang Harus Dihadapi Seorang

Pelajar dalam Pembelajaran Online
Begitu banyak orang meremehkan tentang virus covid-19 ini yang belum juga menemukan titik terang untuk segera hilangnya virus ini yang sangat berdampak bagi pendidikan, Menurut saya sendiri pendidikan itu sangatlah penting karna apa? Dalam dunia pendidikan mengajarkan kita untuk menjadi seseorang yang cerdas, berfikir kritis dan logis untuk memajukan negara Indonesia, dengan pendidikan mampu menghasilakan pemuda yang aktif, berbakat dan menjadi pemuda yang sukses. Dan sekarang seorang pelajar harus mengalami dampak dari adanya covid-19 dengan pembelajaran online atau biasanya disebut dengan istilah belajar dari rumah ya meskipun diharapkan bejalan secara lancar dan kegiatan belajar mengajar bisa efektif tapi menurut saya itu tidak bisa maksimal, karna gini belum tentu semua pelajar itu hidup di daerah yang sinyalnya bagus jadi apabila melakukan pembelajaran secara zoom,meet bahkan media lainnya itu juga belum tentu semua pelajar bisa kadang kala ada yang sama sekali rumahnya itu sangat susah sinyal yang menyebabkan pelajar tersebut ketinggalan akan kelas yang berlangsung dan belum tentu juga seorang guru dapat memahami akan kondisi yang dialami muridnya, ada juga guru yang kadang kala harus menerapkan aturan yang wajib mengikuti kelas apapun yang terjadi harus bisa mencari sinyal. Dan ditambah lagi jika seorang pelajar di rumahnya tidak terpasang wifi otomatis dia harus membeli kuota internet, ada yang kesusahan untuk membeli kuota karna adanya keterbatasan ekonomi di keluarganya. Jadi ya menurut saya banyak sekali dampak negatif-positif karna diterapkannya sistem pembelajaran dari rumah ini. Banyak siswa yang menganggap remeh adanya pembelajaran online yang bisa disambi untuk bermain diluar rumah.

Dilihat dari sisi positif-negatif Pembelajaran Online

Yang pada awalnya seseorang ada yang mengalami gaptek (gagap teknologi) seperti handphone, laptop dan tab. Jadi berjalan dengan seiringnya waktu akan mengerti, dan di Inonesia pun mengharuskan masyarakat bisa menggunakan teknologi dengan sebaik mungkin tanpa adanya penyalahgunaan yang bisa berakibat fatal bagi diri sendiri mauoun orang lain.

Selain dari sisi positif ada juga sisi negatifnya yang sudah saya jelaskan secara singkat diatas dan ada juga seorang pelajar yang kurang paham mata pelajaran yang bersifat praktek dan menghitung karna apa? Sistem praktek dan menghitung ini memang harus dilakukan secara langsung agar pelajar ini dapat menangkap ilmu secara langsung dan mudah untuk dimengerti. Namun dengan seiring berjalannya waktu, masyarakat juga sudah mulai terbiasa dengan adanya kebijakan yang diturunkan oleh pemerintah dalam dunia pendidikan maupun dunia pekerjaan yang mengharuskan untuk tetap dirumah. Agar dapat membantu untuk mengurangi angka penyebaran covid-19. Di harapkan seluruh masyarakat Indonesia bisa bekerja sama untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah di terapkan sejak munculnya covid-19 agar mengurangi angka kenaikan dalam penyebaran covid-19 yang ada di Indonesia supaya dapat beraktivitas seperti sedia kala yang tidak adanya keterbatasan dalam berinteraksi di luar rumah.

Itu tadi penjelasan yang bisa saya jabarkan readers semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat untuk readers semuanya, jika ada kurang atau lebihnya dari artikel saya ucapkan mohon maaf yang sebesarnya. Terimakasih readers.

Tentang Penulis: Sebelumnya saya akan memperkenalan diri saya terlebih dahulu, karena kalau kata pepatah bilang ”tak kenal maka tak akan sayang”. Nah, perkenalkan nama saya Ulfa Safira Iman Niar, dari Prodi Akuntansi, Falkultas Ekonomi dan Bisnis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG.

Pos terkait