Sri Meliyana Bersama Mitra dari BB POM Palembang Gelar Sosialisasi di Kabupaten Lahat

wartabianglala.com – Bertempat di Aula Pertemuan SMKN 2 Lahat, anggota komisi IX DPR-RI fraksi Partai Gerindra, Ir. Hj. Sri Meliyana melaksanakan kunjungan kerja di Kabupaten Lahat dengan menggelar Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat melalui Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) Obat dan Makanan. Dalam melaksanakan kegiatan ini, Sri Meliyana turut dibersamai mitra DPR-RI dari Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BB POM) di Palembang. Senin (18/10/2021).

Sebanyak 500 peserta yang berprofesi pedagang asongan dan pelaku UMKM di Kabupaten Lahat menghadiri kegiatan sosialisasi bersama Sri Meliyana. Para peserta begitu antusias mengikuti pemaparan yang disampaikan Sri Meliyana dan juga dari pihak BB POM di Palembang tentang konsumsi tepat terkait obat, makanan, dan kosmetik.

Sri Meliyana berharap adanya sosialisasi ini menjadi salah satu bagian dari solusi kurangnya SDM BPOM yang sulit menjangkau daerah-daerah.

“Jadi BPOM ini kekurangan SDM. Di Sumatera Selatan ini mereka hanya punya Balai Besar yang adanya di Palembang. Sementara untuk daerah-daerah hanya ada loka. Kita juga menegaskan ke para peserta agar menjadi agent informasi setelah menyimak sosialisasi ini. Mereka bisa menyambungkan informasi ke keluarga dan masyarakat di sekitar mereka juga tentang bahayanya penggunaan obat, makanan, atau kosmetik yang tidak terdaftar di BPOM,” ucap anggota DPR RI yang terpilih dari dapil II Sumsel ini.

Sementara itu, Kepala Balai Besar POM di Palembang, Drs. Martin Suhendri, APT, M.Farm, menjelaskan bahwa saat ini maraknya produk-produk baru di media sosial akan sangat membahayakan jika tidak cermat memilahnya.

“Jadi dengan sosialisasi ini kita harapkan masyarakat Kabupaten Lahat dan sekitarnya dapat terlindungi dari pembelian produk-produk yang mungkin tidak sesuai anjuran dan membahayakan,” ujarnya.

Sosialisasi berlangsung interaktif pada saat sesi tanya jawab dan semakin menarik dengan adanya pembagian doorprize dari panitia.

(Aan Kunchay)

Pos terkait