Antisipasi Kebakaran, Lapas Lahat Ajak Warga Binaan Lakukan Pelatihan Simulasi Pemadam Kebakaran

Lahat, wartabianglala.com – Bertempat di Aula (ruang kunjungan) pada selasa, 12 Oktober 2021. Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II.A Lahat, Bekerjasama dengan Dinas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Lahat, melakukan pelatihan dan simulasi pemadam kebakaran bagi petugas pemasyarakatan dan warga binaan guna menanggulangi dan mengantisipasi terjadinya kebakaran di lingkungan rumah tahanan atau lapas.

Dalam kegiatan tersebut  turut hadir Kepala Dinas Satuan Pol PP dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Lahat, Fauzan Khoiri Denin, AP., M.M. beserta jajarannya. tak lupa mendampingi Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II.A Lahat Pudjiono Gunawan, S.H., M.Si. beserta seluruh jajarannya.

Dalam sambutannya pertama-tama Fauzan mengatakan kalau ia turut berbelasungkawa atas musibah kebakaran yang menimpa Lapas Kelas I Tangerang yang menewaskan 44 narapidana. Dan ia berharap agar kiranya kejadian serupa jangan sampai terjadi lagi di seluruh Lapas.

“saya selaku kepala satuan Pol PP dan Pemadam Kebakaran mengucapkan rasa belasungkawa atas musibah kebakaran yang menimpa lapas Kelas I tangerang. Semoga, dengan berlangsungnya kegiatan simulasi ini, diharapkan Lapas Lahat maupun di seluruh Lapas tentunya dapat mengambil hikmah dari kejadian tersebut, sehingga dengan demikian dapat terhindar dari hal serupa.” Kata Fauzan.

Kemudian ia menambahkan dengan berpesan kepada Petugas Lapas Lahat maupun Warga Binaan, bahwa hal yang paling utama dalam menyikapi adanya suatu kejadian musibah seperti kebakaran adalah pengendalian diri. Manusia pada umumnya pada saat terjadi suatu insiden biasanya langsung panik.

“umumnya sifat manusia itu kalau melihat suatu insiden, biasanya langsung panik. Nah, kalau sudah panik, segala hal yang seharusnya dapat selesai dengan mudah, menjadi sulit, seperti misalnya kita ada handphone, karena panik kita jadi bingung siapa yang mau ditelpon, kemudian juga kita yang tadinya tahu bagaimana menggunakan alat pemadam kebakaran seperti Apar, karena panik kita jadi bingung bagaimana menggunakannya karena sudah ngeblank. Nah, jadi hal utama yang harus dilakukan adalah pengendalian diri. Semoga dengan adanya simulasi ini, kita jadi tahu dan dapat menangani insiden yang terjadi di sekitar kita, khususnya masalah kebakaran.” Tambahnya.

 

Kemudian Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II.A Lahat Pudjiono Gunawan mengucapkan terima kasih kepada Dinas satuan Pol PP dan Damkar yang sudah berkenan hadir untuk memberikan Pelatihan dan Simulasi Pemadam Kebakaran bagi Petugas Pemasyarakatan dan Warga Binaan. Kemudian ia berharap dengan adanya kegiatan ini, Lingkungan Lapas Lahat dapat menjadi lingkungan yang aman dari bahaya kebakaran bagi petugas maupun warga binaan.

“Saya selaku Kepala Lembaga Pemasyarakatan Lapas Kelas II.A Lahat mengucapkan terima kasih kepada Dinas Satuan Pol PP dan Damkar Kabupaten Lahat yang berkenan hadir guna memberikan pelatihan dan simulasi bagi petugas lapas dan warga binaan tentang tata cara menyikapi bahaya kebakaran. Tentunya kegiatan ini hanya sebagai persiapan. Dan saya sangat tidak berharap bahwa simulasi ini nantinya menjadi realita. Saya hanya berharap lingkungan Lapas Kelas II.A Lahat menjadi lingkungan yang aman dan nyaman bagi petugas maupun warga binaan itu sendiri” kata Kalapas.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan Petugas dan warga Binaan yang melakukan pelatihan simulasi pemadam kebakaran dengan berbagai cara. Yaitu dengan menggunakan Blanket (kain) basah dan apar.

(Redaksi)

Pos terkait