Sri Meliyana Berbagi Cerita: Lain Lubuk Lain Ikannya

wartabianglala.com – Sumatra Selatan adalah daerah yang hampir semua kabupaten/kota nya dilalui sungai. Sungai terbesar tentu saja sungai Musi. Selain itu banyak juga sungai2 lainnya seperti sungai Ogan, sungai Komering, sungai Lematang dan lain2.

Sebagai daerah yg dialiri sungai, hasil utamanya adalah ikan. Ikan berlimpah itu kemudian diawetkan supaya tahan lama dan bs disimpan. Pengawetan antara lain dengan di asinkan menjadi ikan asin, di fermentasi menjadi bekasam atau diasap menjadi salai.

Cerita kali ini adalah tentang SALAI. Jenis ikan yang biasa disalai antara lain ikan baung, ikan selais dan ikan sangarat. Ikan selais dan sangarat ini sama bentuk fisiknya, tapi berbeda tekstur dagingnya. Jika dimasak, salai selais dagingnya cenderung terlepas dari tulangnya, sedangkan salai sangarat jika dimasak tidak hancur. Salai selais lebih lezat dari pada salai sangarat.

Bbrp waktu yg lalu, seorang sahabat mengirimi kami salai baung dan salai selais. Salai baung berdaging tebal dan berjodoh dengan tempoyak, sementara salai selais kemudian dipindang.
Dua cara menikmati salai ala Lahat.
Rasanya ?
Luar biasa,
Jika dihidangkan saat makan bersama,
Semua tamu kami menikmatinya…
Alhamdulillah..

Kembali ke awal cerita, lain lubuk lain ikannya, selain ditempoyak dan dipindang, dimasak apa lagi supaya salai makin istimewa ?
Mari berbagi cerita.

Jakarta, 01 Oktober 2021

Sri Meliyana (Anggota Komisi IX DPR-RI Fraksi Partai Gerindra)

Pos terkait