Bawaslu Kabupaten Lahat Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif

wartabianglala.com – Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lahat menggelar kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif bersama unsur masyarakat yang meliputi OKP, komunitas, pelajar, mahasiswa, dan penyandang disabilitas. Kegiatan akan dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 6 (hari ini) s.d 7 September 2021 dan bertempat di Gedung Dakwah Muhammadiyah Kelurahan Kota Baru.

Pada gelombang pertama yang digelar tadi pagi diikuti oleh peserta dari pelajar dan mahasiswa. Kemudian dilanjutkan dengan gelombang kedua pada pukul 13.00 WIB dengan unsur OKP sebagai peserta.

Ketua Bawaslu Kabupaten Lahat, Andra Juarsyah, S.Pd.,M.Pd mengatakan sosialisasi ini merupakan bagian dari program Bawaslu untuk melibatkan seluruh elemen masyarakat untuk peduli terhadap sistem atau tekhnis kepemiluan agar tercapai demokrasi yang berkualitas, jujur, dan adil.

“Sebagai negara yang menganut sistem Demokrasi, pemilihan umum menjadi bagian dari instrumennya. Dalam pemilu ada penyelenggara Pemilu meliputi KPU, Bawaslu dan DKPP. Unsur peserta adalah orang yang ingin berkompetisi seperti Capres, Caleg, Cabup dan tim kampanye. Sementara masyarakat yang memenuhi syarat dikategorikan pemilih. Untuk pencegahan infrstruktur yang tidak sebanding dengan tenaga pengawas yang ada, maka dibentuk pemilu partisipatif,” jelasnya. Senin (06/09/2021).

Andra juga menambahkan, semestinya kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pada bulan Maret lalu. Hanya saja, akibat Pandemi Covid-19 baru bisa terlaksana sekarang. Dikatakannya pula, sosialisasi ini bersifat penting mengingat tahapan-tahapan pemilu akan segera berjalan.

“Apalagi ke depan prosesi Pileg dan Pilkada dilakukan serentak. Meski waktunya masih lama tetapi tahapan akan segera berjalan. Bisa jadi awal tahun 2022 akan memasuki tahapan pertama,” lanjutnya.

Dalam sosialisasi ini juga diketengahkan pemaparan materi dari para Ketua Divisi Bawaslu Kabupaten Lahat seperti Andi Jhoni Fansah, Paigal Pirdaus, Sismawati, dan Sepsata Andrian. Kegiatan sosialisasi ini juga diwarnai dengan kegiatan diskusi dan tanya jawab yang berlangsung interaktif.

Sosialisasi Bawaslu Kabupaten Lahat ini akan dilanjutkan kembali besok bersama komunitas dan penyandang disabilitas sebagai peserta.

(Aan Kunchay)

Pos terkait