Puncak Gugah Tertinggi di Kota Lahat

wartabianglala.com – Walaupun masih dalam suasana Covid 19, geliat ekonomi tak boleh berhenti dan harus membuat kreasi dan inovasi agar dapat bangkit juga jangan sampai larut dalam keterpurukan. Hal inilah yang terus digaungkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lahat dalam hal ini Bupati Lahat Cik Ujang, SH. Dalam tahun 2021 dimana Covid 19 sudah melanda negeri ini termasuk Kabupaten Lahat memasuki tahun kedua, khusus di sektor pariwisata sudah banyak hal yang dilakukan dan salah satunya mendukung tetap bertahan dan tumbuh usaha pariwisata.

Di tahun ini tercatat telah hadir di kota Lahat Sriwijaya Street Food, Star Home Cafe, Adjuma Resto, D Cobek, Bakso Benhil, Janji Jiwa, Allbaik Chicken, Latanza dan yang terbaru destinasi wisata Puncak Gugah.

Puncak Gugah merupakan destinasi wisata yang baru saja diresmikan oleh Bupati Lahat Cik Ujang, SH pada tanggal 25 Mei 2021. Puncak Gugah berada di ketinggian dan merupakan lokasi tertinggi di kota Lahat. Dari sini dapat melihat kota Lahat hingga gugusan Bukit Barisan, Bukit Serelo dan Bukit Besak.

Di waktu cuaca cerah pesona Bukit Serelo bak jempol raksasa yang berdiri kokoh tampak jelas terlihat menambah keindahan alam yang membuat mata memandang menjadi sejuk. Di Puncak Gugah dengan fasilitas kolam renang menjadikan lokasi ini tempat berenang tertinggi di kota Lahat seolah berenang di atas awan. Destinasi wisata ini disebut Puncak Gugah karena sejak dulu daerah ini disebut sebagai Telkom Gunung Gajah yang mengacu dengan lokasi menara Telkom di puncak tertinggi Gunung Gajah. Kata Gugah berasal dari kata Gunung Gajah yang sekarang menjadi nama kelurahan.

Puncak Gugah sendiri secara administrasi berada di kelurahan Lahat Tengah tetapi untuk menuju Puncak Gugah melalui jalan Microwave yang berada di kelurahan Gunung Gajah. Lokasi Puncak Gugah berada 2 km dari pusat kota untuk menuju lokasi dari pusat kota Lahat atau Simpang Empat menuju ke arah Barat setelah SMA Negeri 1 Lahat belok ke kanan dan dipersimpangan SMP Negeri 1 belok ke kiri terus mengikuti jalan ini dan setelah balai pengobatan MULO akan terlihat jalan microwave dengan kontur jalan menanjak maka ikuti jalan ini, sekitar 300 meter akan bertemu Puncak Gugah.

Sebelum mencapai Puncak Gugah pas di pertigaan kuburan dapat berhenti sejenak untuk melihat keindahan kota Lahat, Bukit Barisan, Bukit Serelo, Bukit Besak dan kota Lahat. Apalagi di pagi hari lokasi ini sangat indah untuk berfoto ria tetapi dengan adanya Puncak Gugah maka lokasi Puncak Gugah menjadi lokasi terindah untuk mengabadikan keindahan Kota Lahat dari ketinggian bisa di waktu pagi, sore dan malam hari. Di Puncak Gugah juga ada resto dan karaoke juga bisa berkemah.

Ayo wisata ke Lahat, Lahat Bercahaya.

(Mario Andramartik)

Pos terkait