Kupu-kupu Malam Hingga Kendaraan Dinas Terjaring Patroli Satpol PP Kabupaten Lahat

wartabianglala.com- Satpol PP Kabupaten Lahat kembali menggelar patroli rutin malam minggu di Bulan Ramadhan, (01/05/2021). Giat patroli malam ini dimulai sekitar pukul 21.30 WIB dengan titik kumpul di Lapangan Pemkab Lahat.

Dalam patroli malam minggu kali ini Satpol PP Kabupaten Lahat menurunkan 19 personel yang terdiri dari Kasi Ops, Provost 6 orang, dan anggota patroli sebanyak 12 orang. Personel patroli menyisir Lapangan Ex MTQ, Pagarpark, Masjid Al Mutaqin seputaran, Lapangan bola PJKA, Cafe Rezi Gunung Gajah, Warnet Gunung Gajah, Kuburan Cina Gunung Gajah, Bawah Jembatan Benteng, Bendungan, Simpang 3 Stasiun, Taman Kota, Makan Pahlawan, dan Bedengan di belakang SMKN 2 Lahat.

Dari titik penyisiran, tim Patroli Satpol PP Kabupaten Lahat masih banyak mendapati muda-mudi yang berkumpul dengan tidak menggunakan masker. Seperti di Lapangan ex MTQ, Bendungan, dan Lapangan Bola PJKA, warnet Gunung Gajah depan Gereja HKBP didapati kumpulan muda mudi yang sedang nongkrong, tetapi tidak menggunakan masker. Di titik ini tim patroli memberikan imbauan secara humanis hingga memberikan sanksi push up di tempat.

Saat di Pagarpark Satgas patroli memberikan imbauan kepada pengunjung untuk memakai masker, menjaga jarak, dan memberikan imbauan juga kepada pemilik pagarpark tentang jam operasi dan mengatur volume musik agar tidak terlalu keras suaranya. Sementara itu, di Cafe Rezi, didapati 1 unit motor dinas yang dipakai oleh salah satu pengunjung yang dalam hal ini motor tersebut dipakai oleh anaknya. Tak ayal motor tersebut di bawa ke Mabes Pagar Agung, selanjutnya diselesikan dengan cara memanggil orang tua dari anak tersebut, untuk kemudian orang tua dan anaknya membuat pernyataan agar tidak lagi menggunakan kendaraan dinas di luar jam dinas.

Parahnya, di Simpang 3 stasiun KA, didapati 3 (tiga) orang kupu-kupu malam yang terjaring dan berapa lainnya melarikan diri. Dari ketiga orang yang terjaring dan diangkut menggunakan mobil Patwal Sat Pol PP menuju Mabes Pagar Agung untuk diberikan peringatan dan membuat surat pernyataan agar tidak mangkal di tempat tersebut.

Sementara di titik rawan tongkrongan lainnya, seperti di bawah jembatan benteng sepanjang pinggiran sungai lematang arah bendungan, Masjid al mutaqin seputaran, belakang Taman Kota, Makam Pahlawan Bandar Agung, Bedeng Panjang di belakang SMKN 2 Lahat, aman terkendali dan tidak didapati lagi anak-anak berkumpul dan nongkrong tengah malam.

Saat dikonfirmasi, Kasat Pol PP dan Damkar Kabupaten Lahat, Dansat Fauzan Khoiri, mengatakan bahwasanya patroli yang dilakukan bertujuan menjaga ketertiban masyarakat dan tempat umum.

“Patroli ini untuk menjaga ketertiban umum dan ketentraman masyarakat di lokasi-lokasi rawan dan tempat-tempat yang meresahkan bagi masyarakat. Sekaligus juga menindaklanjuti laporan dari masyarakat yang di tempatnya sudah merasa terganggu dan resah,” ungkapnya.

(Aan Kunchay)

Pos terkait