Jelang Ramadhan, Pemkab Lahat Pantau Peredaran Gas Elpiji 3 Kg

Wartabianglala.com – Menjelang Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijiriah, Pemerintah Kabupaten Lahat akan lakukan pengecekan di setiap pangkalan guna mencegah kekurangan dan kenaikan harga Gas LPG 3 Kilogram.

“InsyaAllah dalam waktu dekat ini kami bakal mengecek pangkalan Gas LPG 3 Kg” terang Pj Sekda Lahat, Drs. H. Deswan Irsyad M.P.di, kepada awak media melalui Kabag Sumber Daya Alam (SDA) Setda Lahat Syaifullah Aprianto. Kamis (8/4/2021).

Ditambahkan Syaifullah, sebelum turun ke tempat pangkalan dimaksud, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Dinas Perdagangan, Hiswana Migas dan lainnya. Hal ini agar distribusi Gas LPG 3 Kg sesuai harapan dan tidak terjadi kenaikan.

“Apalagi jelang ramadhan, dikhawatiran akan terjadi kelangkahan, sehingga menyebabkan adanya tindakan untuk berbondong- bondong membeli dan menyetok gas. Ditambah lagi dengan belum diterapkannya aturan terkait pemakaian tabung gas 3 kg tersebut,” jelasnya.

Untuk distribusi Gas LPG 3 Kg dari Pertamina untuk Lahat sendiri sebenarnya sudah ada antisipasi. Kuota Lahat sbanyak 707,82 MT. Namun ada tambahan antisipasi ramadhan sebanyak 16,4 persen atau 115,92 MT.

“Kami berharap saat menjelang dan selama menjalani Ibadah Puasa Bulan Suci Ramadhan masyarakat bisa terlayani dengan baik juga dengan harga yang sesuai HET,” imbuh Syaifullah.

Sementara Ketua Hiswana Migas Lahat Firdaus Agoes mengungkapkan bahwa pihaknya akan ikut serta mengawasi agen dan pengkalan. Begitupun meminta para agen agar memantau pangkalannya.

“Bila ada kekurangan di wilayahnya segera laporkan. Agar bisa mengalihkan gas dari wilayah yang kelebihan. Sedangkan dari pertamina sudah ada antisipasi, jadi bila di salah wilayah ada yang kurang bisa disubsidi dari wilayah lain yang kelebihan,” kandas Firdaus.

Laporan Herlan Nudin MLCI
(Redaksi)

Pos terkait