Ruang Sastra Dibuka!

Halo, sahabat Biang!

Kami membuka rubrik baru bertajuk Ruang Sastra untuk para pembaca sekalian. Kami membuka seluas-luasnya tulisan yang ingin dikirim, dengan ketentuan-ketentuan sebagai berikut :

1. Karya Orisinil, bukan hasil plagiat atau terjemahan

Pastikan karya yang dikirimkan adalah karya hasil buah pikiranmu sendiri, ya! Kami akan melakukan penyaringan bagi naskah-naskah yang sudah masuk. Kami tidak segan mendaftarhitamkan penulis-penulis nakal. Selain itu, untuk sementara ini kami belum menerima naskah-naskah terjemahan.

2. Belum pernah dipublikasikan dimana pun (cetak/digital)

Usahakan mengirimkan karya yang belum pernah dimuat di media manapun. Karya yang pernah dimuat di blog pribadi atau platform penulisan tertentu boleh dikirimkan, dengan catatan karya tersebut sudah ditarik edarnya dari blog/platform tersebut.

3. Tema dan ketentuan khusus

Kami menerima tulisan dengan tema bebas—diutamakan eksploratif, aktual, fresh, dan tidak menyinggung SARA. Ketentuan penulisan disesuaikan. Kami tidak akan membebani penulis dengan aturan, selama tulisan masih rapi dan enak dibaca. Jumlah puisi yang dikirimkan minimal 5 judul per pengiriman. Untuk Esai, diwajibkan memasukkan daftar pustaka di akhir tulisan. Kami memprioritaskan naskah-naskah padat, dengan jumlah kata sebanyak 1.200 kata (untuk cerpen dan esai). Hal ini untuk memudahkan proses kurasi dan kenyamanan membaca. Namun, bila karya tersebut menarik dan sangat layak dimuat, kami tidak segan untuk melanggar aturan satu ini. Jadi jangan putus semangat, ya. Kami meyakini bahwa semua karya bagus layak memperoleh tempat.

4. Identitas Penulis

Diwajibkan untuk memasukkan profil penulis berupa narasi singkat tentang kegiatan kepenulisan atau karya terakhir penulis. Kami ingin pembaca dapat lebih mengenal dengan penulis lewat rekam jejaknya. Selain itu, di lembar yang sama diwajibkan menyertakan biodata penulis, seperti Nama, Nomor Rekening, Nomor Telepon, dan Kartu Tanda Pengenal (KTP/SIM/Kartu Pelajar). Identitas ini, selain untuk kemudahan dalam memberikan honorarium, juga untuk pengarsipan kami. Identitas penulis disimpan di lembar yang sama dengan karya / tidak dipisah.

5. Surel pengiriman karya

Bila sudah yakin, silahkan karya disimpan dalam format word (docx), kemudian dikirimkan dengan subjek CERPEN/PUISI/ESAI, ke alamat surel : wartabianglala@gmail.com. Redaksi berhak menyunting naskah (seperti tanda baca dan hal-hal teknis lain) tanpa mengurangi inti tulisan. Isi tulisan sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis.

6. Honorarium dan jadwal terbit

Karya yang dimuat akan ditayangkan setiap hari Minggu. Bila dalam jangka waktu 3 bulan tidak ada pemberitahuan termuat karya dari Redaktur, maka naskah dinyatakan tidak lolos. Apabila dimuat, akan disediakan honor sebesar Rp.100.000,00 bagi masing-masing karya  Cerpen/Puisi/Esai). Honor akan langsung diserahkan bakda penayangan karya.

Ditunggu tulisan-tulisannya. Terima kasih, selamat berkarya!

(Dee Hwang – Redaktur Rubrik Sastra)

Pos terkait