Tiga Kursi Pejabat di Lahat Jadi Rebutan

LAHAT, wartabianglala.com – Sebanyak 13 ASN eselon III sederajat jajaran Pemkab Lahat, berebut tiga kursi kosong pejabat Pemkab Lahat. Diantaranya kursi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, dan Asisten III Pemkab Lahat.

Perebutan kursi kosong tiga pejabat daerah ini, masuki babak ke 4, yakni uji ide gagasan persentasi dan wawancara. Dilaksanakan di Kantor BKPSDM Lahat, dipimpin langsung oleh Sekda Lahat, Januarsyah Hambali SH, selaku Ketua Pansel.

“Tujuan uji kompetensi ini untuk mengetahui kemampuan para pejabat, harapannya bisa meningkatkan etos kerja dan kualitas pelayanan,” kata Sekretaris Daerah Lahat, Januarsyah, Selasa (17/11).

Lanjut Januarsyah, materi yang diujikan sesuai dengan posisi yang dituju. Melalui uji ide gagasan persentasi dan wawancara ini, akan tergali kompetensi teknis maupun bidang dari tiap peserta. Sedangkan untuk penilaian, proporsinya 55 persen dari external, 45 persen dari internal.

“Dari ujian ini, nanti terlihat siapa yang benar pantas untuk posisi kosong tersebut,” sampainya.

Sementara, Kepala BKPSDM Lahat, M Aries Farhan menjelaskan, untuk penguji external berasal dari Universitas Muhammadiah Palembang dan Ex mantan pejabat pimpinan tinggi pratama. Setelah ini dipilih tiga besar dari tiap jabatan kosong. Hasilnya lalu diusulkan ke KSN untuk izin menetapkan dan melantik pejabat terpilih.

“Sebenarnya ada 14 peserta, karna 1 peserta tidak hadir, dinyatakan gugur dengan sendiri. Tiga jabatan itu kosong karena batas usia pensiun dan memasuki batas usia pensiun,” jelasnya.

Aan Kuncay

Pos terkait